Khasiat Daun Kelor

Meski belum ada penelitian yang membuktikan secara medis manfaat daun kelor, namun daun kelor ini memiliki fungsi dan khasiat secara empiris (pengalaman nyata) yang banyak digunakan oleh masyarakat desa pada umumnya yang telah mengenal dan banyak memanfaatkan daun kelor ini menjadi tanaman obat multikhasiat.

Berikut ini ada beberapa cara tradisonal pada pemanfaatan daun kelor, diantaranya adalah :

1. Untuk mengatasi kurap dan luka bernanah

- Ambil beberapa genggam daun kelor, cuci bersih, keringkan lalu tumbuk daun kelor hingga halus, kemudian hasil tumbukan tersebut tempelkan pada luka bernanah atau gosokkan pada kulit yang berkurap.

2. Untuk mengatasi kurang nafsu makan, epilepsi, histeri, sariawan, susah BAB, badan melemah, sakit kuning, remautik dan pegal linu

Rebus akar daun kelor dengan ukuran 1 ruas jari dengan 2 gelas air, masak hingga mendidih tersisa 1 gelas, lalu saring, ketika hangat minum ramuan tersebut 2 kali sehari, dalam sekali minum cukup 1/2 gelas.

3. Untuk mengobati beri-beri dan udim

Siapkan akar daun kelor, akar pepaya, dan kulit lawang atau cengkeh  masing-masing berukuran 1 ruas jari. Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih, kemudian saring dan bagi menjadi 2 bagian yang sama. Minum air hasil saringan tersebut 2 kali sehari.

4. Untuk mengatasi rabun ayam

Siapkan 3 batang daun kelor, cuci bersih, keringkan sejenak kemudian tumbuk hingga lumat atau halus. Kemudian seduh dalam gelas dengan air panas, aduk rata dan saring airnya. Hasil saringan tersebut kemudian dicampurkan dengan madu secukupnya, aduk kembali hingga merata. Minum ramuan tersebut sebelum tidur secara rutin.

5. Untuk mengobati sakit mata

Ambil 3 batang daun kelor, bersihkan kemudian tumbuk daun kelor hingga halus, kemudian seduh dalam gelas dengan ukuran air secukupnya. Diamkan sejenak hingga serbuk dan kelor mengendap ke dasar gelas. Gunakan air tersebut sebagai obat untuk tetes mata.

6. Untuk mengobati cacingan

3 batang daun kelor ukuran sedang, 1 batang daun cabai dan 2 batang meniran. Cuci kesemua bahan hingga bersih, kemudian masak dengan 1 gelas air hingga mendidih, kemudian saring dan air hasil saringan tersebut diminum. Lakukan setiap hari hingga sembuh.

7. Untuk mengobati biduran atau alergi

1-3 batang daun kelor, 1 siung bawang merah memarkan dan bubuk adas pulasari secukupnya. Rebus semua bahan tersebut dengan takaran 3 gelas air, masak sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas, kemudian saring dan minum air saringan tersebut 2 kali sehari (pagi dan sore hari) masing-masing 1 gelas.


=====================================

>>> Kapsul Daun Kelor Untuk Mengobati Rematik, Sesak Nafas, Diabetes, Gangguan Susah Buang Air Kecil, Melancarkan BAB, Mengobati Luka, Mengatasi Penyakit Beri-Beri, Mengobati Penyakit Kurap, Mengobati Sariawan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Kelor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>